Mengintip Patung Misterius Mirip Pulau Paskah di Poso

LAZONE.ID - Mirip seperti tempat wisata di luar negeri

Sepintas, kalo diliat tempat wisata ini seperti dari luar negeri. Soalnya di sini ada sebuah batu purba yang penuh misteri. Padahal bro, tempat itu berada di Sulawesi Tengah, tepatnya di Taman Nasional Lore Lindu.

Lo pasti banyak yang belum tau kan kalo ternyata Taman Nasional Lore Lindu mendapat predikat sebagai tempat dengan monumen-monumen Megalitik terbaik di Indonesia. Di sini, ada sekitar 431 situs megalitik, yaitu berupa patung batu manusia, jambangan besar (kalamba), piringan (tutu’na), batu-batu cembung (batu dakon), mortir batu, dan tiang penyangga rumah yang berbeda-beda bentuknya.

Mengintip Patung Misterius Mirip Pulau Paskah di Poso

Dan lo tau, situs-situs megalitik yang ada di Taman Nasional Lore Lindu itu berasal dari zaman 1300 SM loh. Nah, megalitik tertinggi yang sampai sekarang masih berdiri yaitu mencapai 4 meter. Kalo yang lain rata-rata memiliki tinggi sekitar 1,5 – 2,5 meter.

Tapi bro, sampai sekarang belum diketahui secara pasti nih filosofi dari pemaknaan bentuk batu-batu itu. Ada sebagian peneliti yang menyebut itu semua tentang suatu bentuk lambang komunikasi.

Mengintip Patung Misterius Mirip Pulau Paskah di Poso

Sebagian lagi ada yang bilang sebagai bagian dari pemujaan yang dibentuk sendiri, tapi semua belum bisa dipastikan.