Mengintip Satu-Satunya Klenteng di Tanah Kongsi

LAZONE.ID - Nggak cuma kuliner, Padang juga punya banyak tempat keren salah satunya adalah bangunan klenteng yang ada di Tanah Kongsi ini.

Siapa yang bilang Padang cuma terkenal dengan kulinernya aja? Kota ini juga mempunyai banyak spot yang keren dan layak banget untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Klenteng See Hien Kiong. Tempat ibadah penganut Tionghoa ini terletak di kawasan Tanah Kongsi yang terletak di Padang Selatan.

Tanah Kongsi sendiri lebih dikenal masyarakat luas dengan sebutan kota tua. Julukan ini sangat beralasan karena di tempat ini berdiri banyak bangunan-bangunan masa lampau. Menurut sejarahnya, Tanah Kongsi dulunya digunakan sebagai pusat perdagangan di kota Padang. Mungkin karena banyaknya orang yang singgah di sini, maka kemudian dibangunlah See Hien Kiong.

See Hien Kiong diperkirakan dibangun pada tahun 1846 atas prakarsa orang-orang China dari suku Tjiang dan Tjoan Tjioe yang seringkali berdatangan ke tempat ini untuk melakukan niaga. Nggak hanya menjadi yang paling tua aja nih, klenteng ini juga menjadi satu-satunya yang berada di Sumatra Barat.

Dilihat dari struktur bangunannya sendiri nggak jauh beda dengan klenteng kebanyakan. See Hien Kiong terdiri dari dua bangunan utama, yakni bagian depan dan belakang. Bagian depan terdiri dari sebuah serambi dan juga pintu masuk yang berukuran cukup besar. Lalu di dalamnya terdapat sebuah tempat yang difungsikan sebagai ruang tunggu.

Pada bagian dalam terdapat tempat ibadah yang biasanya digunakan untuk berdoa dan membakar hio. Ada pula bangunan khusus di bagian kiri dan kanan yang fungsinya adalah untuk menyimpan peralatan keagamaan.

Nggak usah khawatir kalau kamu beda keyakinan. Tanah Kongsi terbuka untuk umum bagi yang ingin menikmati pemandangan bangunan super eksotis di Padang ini. Masukkan di jadwal traveling bulan depan yuk!