banner danau satonda
Inspiring Place

Menguak Misteri Danau Air Asin Satonda

  • 18 August 2017
  • 3131 views

Danau ini terbuat karena tsunami.

LAZONE.ID -

Pasti yang lo tau kalo air di danau itu biasanya tawar, ya kan? ternyata enggak juga bro. Aneh tapi nyata, di Pulau Satonda, Dompu, NTB ada danau air asin!

Konon Pulau Satonda sendiri muncul akibat letusan Gunung Tambora pada ratusan tahun silam. Nah, terbentuknya danau air asin ini karena tsunami akibat letusan gunung yang membuat air laut membanjiri pulau.

Kadar keasinan air di Danau Satonda ini dua kali lipat lebih besar daripada air laut loh. Jadi, lo bisa mengambang tuh dan enggak bakalan tenggelam dari permukaan danau.

Danau Satonda ini juga diyakini oleh warga sekitar sebagai bekas kawah gunung api purba yang bahkan diklaim lebih tua daripada Gunung Tambora.

Sayannya, di sini lo enggak bisa liat macam-macam biota air soalnya kadar keasinannya terlalu tinggi. Paling cuma ada ikan kecil dan alga atau semacam lumut yang tumbuh di bebatuan di tepi danau.

Kalo lo melihat ke tepi danau, lo akan menemukan beberapa batu yang digantungkan di dahan dan ranting pohon. Nah, katanya sih yang menggantungkan batu itu ialah masyarakat pribumi Sumbawa.

Masyarakat menganggap batu-batu itu sebagai lambang doa dan harapan yang dipercaya akan terkabuli. Enggak hanya danau, kawasan pantai Pulau Satonda juga menjadi daya tarik karena pasir putihnya serta taman bawah laut yang landai di bagian timur dan selatan.

 

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

Inspiring Place

Melihat Lumba-lumba di Teluk Kiluan

22 July 2018 41 views share
Inspiring Place

Pulau Mengkudu, Surga Tersembunyi di Lampung Selatan

20 July 2018 311 views share
Inspiring Place

Mengagumi Pahatan Sang Pencipta di Ngarai Sianok!

16 July 2018 691 views share