Mengunjungi Desa Surga yang Berada di Atas Awan

LAZONE.ID - Desanya kayak ada di kayangan, Bro!

Soal keindahan alam dan budaya, gue percaya kalo Indonesia selalu punya sesuatu seperti gak pernah kehabisan stok untuk buat orang-orang terkesima. Ada satu tempat lagi di Indonesia yang menyimpan keindahan bak surga. Namanya Desa Waerebo yang beberapa waktu belakangan sering jadi tempat kunjungan bagi wisatawan karena keindahan alam, keunikan, dan tempatnya yang berada di ketinggian dan dijuluki sebagai desa di atas awan, Bro!

Berada di 1.200 Mdpl

Desa Waerebo termasuk salah satu desa tertinggi yang ada di Indonesia. Desa ini berada di 1.200 Meter di atas permukaan laut (Mdpl). Nah, karena saking tingginya, Desa Waerebo sering dihinggapi awan atau kabut tipis setiap pagi. Hal ini yang bikin sensasi dan menjadikan Desa ini memiliki julukan desa di atas awan.

Punya Tujuh Rumah Utama yang Unik dan Langka

Selain itu , Desa Waerebo juga punya hal lain yang bikin menarik. Desa ini punya tujuh rumah utama yang punya arsitektur unik dan langka serta hanya ada 7 bangunan. Rumah ini diberi nama Rumah Adat Mbaru Niang, yang terdiri dari 5 lantai yang atapnya ditutupi oleh daun lontar dan ijuk.

Penduduk Asli Waerebo Keturunan Suku Minang

Nah, uniknya lagi meski desa ini berada di daerah Manggarai Barat, Nusa tenggara Timur, para warga Desa Waerebo mengklaim bahwa mereka merupakan keturunan Minangkabau, Sumatera Barat. Menurut cerita nenek moyang orang Waerebo adalah perantau Minang yang merantau ke Flores, NTT. meski berasal dari Minang, nama-nama orang Waerebo tidak sama sekali seperti umumnya orang Minang Kebanyakan. Melainkan telah berakulturasi dengan bahasa orang Flores.

Nah kalau lo mau mengunjungi Desa Waerebo, lo harus kuat melewati jalan trekking dua hingga tiga jam dengan medan yang cukup sulit.

Gimana, ada rencana ke Desa Waerebo, Bro?