Merinding! Ini 5 Kastil Berhantu di Eropa

LAZONE.ID - Konon banyak penampakan hantu di kastil-kastil ini yang sudah jadi legenda turun temurun

Kastil-kastil ini pasti bikin bulu kuduk merinding. usianya sudah ratusan tahun, lembab dan tidak berpenghuni lagi. Siang hari, bangunannya memang indah tapi kalau malam datang, hantu-hantu akan bergentayangan!

 

1. Kastil Edinburgh, Skotlandia

Cantik saat siang tapi mencekam saat malam, itulah gambaran Kastil Edinburgh di Skotlandia.  Lady Glamis adalah sosok hantu paling terkenal dari kastil Edinburgh. Dia dibakar di tiang gantungan karena dituduh melakukan praktik sihir pada tahun 1537. Arwahnya sering terlihat mondar-mandir di lorong-lorong kastil yang gelap.

Selain itu masih banyak penampakan-penampakan lain, seperti hantu seorang pemusik yang tanpa kepala. Kabarnya dari abad ke-17 kastil ini sudah dikenal berhantu. Untuk membuktikan adanya aktivitas paranormal di kastil itu, seorang dokter asal Inggris merekrut 240 relawan untuk menginap selama 10 hari di kastil itu. Semua relawan yang disaring untuk mengikuti program itu dipastikan bahwa mereka sama sekali tidak-menahu tentang cerita kastil itu. Hasilnya, para relawan mengaku banyak melihat penampakan dan jeritan!

Foto:  dreamhouseapartments.com

 

2. Kastil Chillingham, Inggris

Di Inggris yang paling seram adalah Kastil Chillingham. Kastil ini dibangun pada abad ke-12 dan dikenal sangat berhantu. Ada begitu banyak pertumpahan darah yang terjadi di sekitar kastil yang dulunya digunakan sebagai benteng untuk mengusir tentara dari Skotlandia ini.

Kastil Chillingham lokasinya di utara Inggris. Sosok hantu paling terkenal dari kastil ini adalah hantu anak kecil yang disebut blue boy atau bocah biru. Hantu ini sering terlihat menyerupai kilatan cahaya biru disusul dengan bunyi nyaring. Malah, banyak penampakan berupa potongan-potongan tubuh manusia! Kalau punya nyali, pihak pemelihara kastil mengizinkan siapapun beruji nyali!

Foto:  dreamhouseapartments.com

 

3. Kastil Belcourt, Prancis

Dibangun pada abad ke-11, kastil Belcourt terletak di lembah Loire di Prancis. Menurut sejarah, kastil ini dulunya dimiliki oleh sepasang suami-istri bernama Jacques dan Charlotte. Charlotte diketahui terlibat hubungan gelap dengan banyak pria.

Sampai akhirnya, Jacques membunuh sang istri dan selingkuhan di dalam kastilnya. Setelah itu, sering terdengar suara erangan wanita. Konon, itu adalah suara erangan arwah istrinya.

 

Foto: holidaywatchdog.com

 

4. Kastil Eltz, Jerman

Kastil Eltz dibangun pada tahun 1157. Kastil ini dikelilingi oleh tiga sisi Sungai Elzbach, anak sungai di sisi utara Moselle. Keluarga Rubenach dan Rodendorf adalah pemilik kastil yang kini sudah memasuki generasi ke-33. Kastil ini dibuka untuk umum dan uniknya, kastil tersebut masih utuh seperti dulu.

Dalam sejarah di abad pertengahan, Kastil Eltz digunakan sebagai tempat berlindung para pedagang di sekitar Sungai Moselle dari para perompak. Apalagi, keluarga bangsawan saat itu yang menempati kastilnya memiliki banyak pasukan perang. Oleh sebab itu, mereka memiliki pasukan 'khusus' berupa mahluk gaib. Sehingga, banyak perampok yang gagal malah sampai meninggal dunia saat mencoba merampoknya. Diketahui, pasukan gaib itu masih ada sampai sekarang sampai selamanya, penampakannya ksatria berbaju zirah yang jumlahnya sangat banyak!

 

Foto: en.wikipedia.org

 

5. Kastil Bardi, Italia

Kastil Bardi dibangun di atas lembah Emilia-Romagna di utara Italia. Kastil ini terkenal dengan kisah tragis sepasang kekasih yang saling mencintai bernama Moroello dan Soleste. Soleste bunuh diri dengan meloncat dan selanjutnya disusul Moroello dengan meloncat juga.

Mereka meninggal karena salah paham. Suatu hari rombongan Moroello pulang menggunakan kostum musuh. Soleste ketakutan dan akhirnya meloncat. Yang terjadi, justru dibalik kostum musuh itu adalah Moroello karena sengaja memakai kostum musuh sehabis memenangkan perang dan dianggap kebanggaan. Moroello pun langsung menyusul kekasihnya dengan loncat juga dari atas kastil. Kini, kedua arwah pasangan tersebut masih berkeliaran di sana. Ada yang bilang berupa pasangan muda-mudi yang cantik, ada juga yang bilang kayak jenazah dengan badan hancur penuh darah!

 

Foto: en.wikipedia.org