Mungkin Loe Nggak Tahu Italia Punya Gua Warna Biru

LAZONE.ID - Blue Grotto yang artinya Gua Biru di Italia ini adalah gua laut. Saat siang hari, loe bisa masuk naik perahu ke dalam guanya dengan warna air yang biru banget!

Blue Grotto adalah gua laut yang berada di kawasan Capri. Gua ini sebenarnya gua laut karena berada di pinggiran bebatuan karang yang besar dan berisikan air laut. Panjang Blue Grotto mencapai 60 meter dengan lebar 20 meter. Kedalamannya sekitar 150 meter dengan dasar yang berupa pasir.

Kita bisa masuk ke dalam guanya pakai perahu tradisional, semacam sampan. Begitu masuk ke dalamnya, benar-benar amazing! Pemandangan di dalamnya berupa air laut yang berwarna biru terang. Warna birunya seolah bercahaya sob!

Warna birunya berasal dari refleksi atau pantulan cahaya matahari yang masuk dari mulut gua dan juga dari rongga bawah air, serta lubang-lubang kecil di dinding gua. Makanya pas lagi siang dan terik, warna birunya makin terlihat menyala. Tapi pas lagi hujan, warna itu gak bakal terlihat.

Ternyata, Blue Grotto pertama kali ditemukan oleh Kaisar Romawi Tiberius pada tahun 27 Masehi. Dia menjadikannya sebagai pemandian raja, dengan dinding-dinding guanya, dihiasi banyak artefak patung. Namun setelah itu, Blue Grotto hilang pamornya karena diyakini masyarakat setempat sebagai sarang penyihir.

Blue Grotto sendiri memiliki arti gua biru dalam bahasa Italia. Kalau mau ke sana, sewa sampan dulu seharga 13 Euro atau kira-kira Rp 196 ribu dari Pelabuhan Marina Grande di Capri.