Negara Ini Punya 200 Piramida

LAZONE.ID - Salah jika selama ini loe hanya tahu piramida ada di Mesir. Di negara Sudan, piramidanya lebih banyak dari Mesir, jumlahnya 200!

Sama seperti Mesir, Sudan juga masuk dalam kawasan negara Afrika Utara. Sama juga kayak Mesir, sama-sama dilalui Sungai Nil. Sama juga dengan Mesir, Sudan punya piramida. tapi bedanya, piramida di Sudan lebih kecil ukurannya, lebih sempurna segitiganya dan lebih banyak.

Jumlah piramida di Mesir, diketahui ada 138. Di Sudan, jumlahnya ada 200! Untuk melihat piramida di Sudan, lokasinya berada di wilayah bernama Nubia di dekat Sungai Nil. Di situlah ada komplek piramida yang dinamai Piramida Meroe.

Umur piramidanya, diperkirakan sudah ada sejak 800 SM hingga tahun 280. Piramida ini diyakini peninggalan Kerajaan Kush, kekuasannya meliputi sebagian besar Sungai Nil dan bagian selatan Khartoum. Khartoum adalah ibukota Sudan saat ini. Coba liat di internet, dari Nubia sampai ke Khartoum jauh banget bro!

 


Para ahli arkeolog menilai, peradaban yang tinggi sudah ada di Sudan kala itu. Nggak heran sih, liat aja bentuk piramidanya yang rangka segitiganya benar-benar simetris. Segitiganya benar-benar sempurna!

Sama seperti di Mesir, piramida-piramida di Sudan juga sebagai tempat kuburan para raja-raja dan anggota keluarganya. Tapi ahli-ahli arkeolog belum puas. Mereka menilai, pasti masih ada fungsi lain dari piramidanya. Entah untuk pemujaan dewa-dewa tertentu, atau bisa jadi dibangun oleh mahluk luar angkasa.

Sayang, sudah banyak pirmida-piramidanya yang hancur akibat dijarah dan juga cuaca yang ekstrem. Asal tahu saja, komplek piramida tersebut adanya di tengah gurun. Jauh dari pemukiman penduduk.

Sudan pun kini sering dilanda perang saudara. Semoga, piramida di sana yang merupakan warisan harta karun dunia tetap dijaga dan tidak hancur dan hilang untuk selamanya.