Ngadem di Sembungan Dieng, Desa Tertinggi di Jawa

LAZONE.ID - Sunset dan sunrise-nya spektakuler, bro. Tapi jam 5 sore aja udah bikin telapak tangan keriput. Dari tanaman sampai manusia bisa beku di sini.

Sunset dan sunrise-nya spektakuler, bro. Tapi jam 5 sore aja udah bikin telapak tangan keriput. Dari tanaman sampai manusia bisa beku di sini.

Desa Sembungan yang berada di ketinggian lebih dari 2.100 meter, mendadak tenar dua tahun belakangan ini, bro. Desa ini merupakan desa tertinggi enggak cuma di Dataran Tinggi Dieng aja, tapi tertinggi di Pulau Jawa.

Coba loe kunjungi Desa Sembungan pada bulan Juli-Agustus. Loe bakal merasakan ngadem dalam arti yang sesungguhnya. Suhu bisa mencapai di bawah 0 derajat celcius, yang juga bisa membuat tanaman di kawasan ini menjadi beku. Hiiiy, tidur sambil peluk kompor deh.
Desa yang punya luas sekitar 37 hektar ini, juga punya beberapa objek wisata. Seperti di sebelah Selatan, terdapat sebuah telaga dengan nama telaga Cebongan. Dinamain cebongan karena bentuknya yang keliatan kayak kecebong, bro.

Telaga seluas 5 hektar ini, juga dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai sumber air. Para petani mengandalkan air yang ada di telaga ini untuk lahan pertanian mereka.
Soal penginapan gak usah khawatir, bro. Emang sih fasilitas di sini masih minim. Tapi, loe bakal diterima dengan hangat di rumah-rumah warga Desa Sembungan, bro. Bahkan, keramahan warga masyarakat dan pesona alam yang disajikan, bakal jadi pengalaman yang gak bakal loe lupain sepanjang masa.