Nggak Cuma di Mesir, Mumi Juga Ada di Peru

LAZONE.ID - Jenazah yang dimumikan dianggap sebagai orang suci atau orang terhormat, umurnya sudah 700 tahun lebih.

Siapa bilang mumi cuma ada di Mesir. Loe harus tahu, beberapa negara di dunia ternyata juga punya mumi. Salah satunya negara di Amerila Latin, Peru.

Mumi Peru berada di Chauchilla atau sekitar 30 kilometer di sebelah selatan Kota Nazca. Chaucilla merupakan tempat pemakaman orang-orang yang dianggap suci dan diperkirakan sudah ada sejak tahun 600-700 Masehi. Tua banget!

Tahun 1920, pemakaman mumi di Chauchilla baru ketahuan sama arkeolog. itu gara-garanya, banyak penjarah yang ambil emas dan artefak-artefak berharga. Emang faktanya, orang-orang setempat menguburkan mumi bersama barang-barang yang bernilai tinggi.
 


Diperkirakan, ada puluhan mumi di sana yang ada di tiap lubang-lubang besar di dalam tanah. Satu lubangnya, bisa terdapat dua sampai tiga mumi. Mumi anak-anak juga ada, ukurannya lebih kecil.

Mumi di Peru diawetkan menggunakan getah resin dan dibungkus dengan kain katun. Lalu, diletakan begitu saja di atas tanah. Karena wilayah Chauchilla mayoritas adalah gurun yang panas, maka proses pengeringan dari mayat menjadi mumi pun tak berlangsung lama.

Biaya masuk ke Chauchilla cuma 2 Dollar Amerika. Beberapa mumi dipakaikan baju dan penutup kepala, sebagai lambang penghormatan. Bukan cuma baju, tapi juga rambut yang panjang, seolah-olah seperti masih hidup aja.