Ngintip Bandara Kota Paling

LAZONE.ID - Korea Utara terkenal sebagai salah satu negara paling misterius di dunia. Tapi kini Kim Jong-Un, diktator yang memimpin Korea Utara mulai membuka diri.

Korea Utara terkenal sebagai salah satu negara paling misterius di dunia. Tapi kini Kim Jong-Un, diktator yang memimpin Korea Utara mulai membuka diri. Dia mamerin bandar udara terbarunya di Pyongyang. Bandara yang jadi salah satu simbol suatu negara, begitu pula dengan bandara Korea Utara yang jadi simbol Komunisme di era 1950-60an ini. Sejak 2009, bandara tersebut direnovasi dan sekarang tampil modern, bro...

Dihiasi dengan kaca yang besar sebagai jendela, sama seperti bandara pada umumnya di negara-negara berkembang. Bagian interior di ruang tunggu dan duty free juga mengalami perubahan. Tapi ada juga beberapa bagian yang lekat dengan bandara Korea Utara sejak dulu yang gak diubah.

Kalo dilihat dari desain arsitekturnya yang modern, banyak unsur dari luar yang diambil. Padahal, Korea Utara juga terkenal sebagai negara yang cukup anti dengan pengaruh kebudayaan luar. Meski begitu, gak ada kejelasan siapa yang membantu pembangunan bandara ini, dalam kata lain arsiteknya, bro.

Ada yang bilang bandara yang baru ini didesain oleh Ma Won Chun, yang pernah menjabat sebagai Director of the Designing Department of thhe National Defense Commission. Pasalnya, Chun juga pernah terlibat menjadi arsitek dalam beberapa proyek pembangunan di Korea Utara. Tapi, Kim Jong-un pernah gak senang melihat hasil desain dari Chun. Itu juga yang menjawab kenapa Chun gak terlihat saat pembukaan bandara baru ini.

Ada juga yang bilang bahwa desain dari bandara baru ini didapat dari lomba desain arsitektur yang digelar oleh Korea Utara..