Nglanggeran, Gunung Api 60 Juta Tahun

LAZONE.ID - Siapa yang belum pernah ngerasain main di kawasan bukit cadas Ao Nang di Krabi? Atau gunung-gunung batu di China?

Siapa yang belum pernah ngerasain main di kawasan bukit cadas Ao Nang di Krabi? Atau gunung-gunung batu di China? Nah, cobalah ngelirik tempat satu ini, Nglanggeran di Daerah Istimewa Yogyakarta. Negara kita sendiri. Dijamin waktu dan biaya terjangkau dan enggak kalah keren.

Nglanggeran sebenarnya adalah bentukan gunung api purba, dari jaman 60 juta tahun lalu. Sekarang udah enggak aktif lagi, menyuguhkan formasi batuan keren. Itu dia, nggak kalah seperti pemandangan di Ao Nang, sekitar Krabi, bahkan beberapa puncak bukit cadas di Hanoi.

Asyiknya, loe bisa menikmati matahari terbit sekaligus matahari terbenam di kawasan ini. Tinggal bergerak ke sisi bukit yang berbeda aja. Selain itu, bisa seru-seruan sama teman-teman dekat loe. Camping di puncak bukit, meluncur di flying fox, panjat tebing sampai mencicipi jalur off-road yang menantang. Kalau males tidur di tenda, warga menyediakan banyak sekali home stay.

Cara ke sononya enggak ribet sama sekali, cuma 15 km dari pusat kota Yogyakarta. Pagi-pagi start dari kota jam 3.30 pagi, hiking setengah jam, dapat deh sunrise keren. Ada jasa pemandu biar perjalanan loe lebih paten dan nggak nyasar.

Kalau mau sorean, nikmati sunset dari Embung Nglanggeran di sisi seberangnya. Cekungan kaldera sisa gunung api purba Nglanggeran ini terlihat apik saat terkena sinar matahari dikeliling bentukan batu raksasa dari jaman purba. Keren kan...