Oasis Cakep Berumur 2000 Tahun di Gurun Pasir China

LAZONE.ID - Oasis itu danau atau sumber air di tengah gurun pasir. Di China ada lho apalagi itu umurnya 2000 tahun, Ajaib bro!

Yueyaquan adalah sebuah danau berbentuk bulan sabit di 6 km sebelah selatan dari kota Dunhuang. Namanya berasal dari Dinasti Qing. Danau itu sendiri dan padang pasir sekitarnya menarik para petualang.

Danau Bulan Sabit Yueyaquan ada di tengah padang pasir di pedalaman China, pada sebuah lembah. Keberadaannya nyaris hancur ditelan gunung pasir di sekitarnya. Untung saja pemerintah China turun tangan menyelamatkan danau yang menjadi oasis ini. Mereka membangun tembok penghijauan untuk menahan pasir.



Dulu bro, danaunya lumayan besar. Saat diukur pada tahun 1960, kedalaman rata-rata danau ini sekitar 4 sampai 5 meter, dengan kedalaman maksimal 7,5 meter. Empat puluh tahun terakhir kedalaman danau ini berkurang. Pada tahun 1990-an wilayah Yueyaquan menyusut hingga 5.500 meter persegi saja

Sekarang danaunya dijaga dengan baik. Dibikin rapi dan dibuat paket wisata. Loe bisa memandangi danaunya terus juga wisata naik unta. Ada toko suvenir juga di sana bro. Danau ini terletak sekitar 6 km di selatan kota Dunhuang di utara China. Danau ini sepanjang 218 meter dan lebar 58 meter.