Orang-orang Ini Tinggal di Dalam Gua Hingga Kini

LAZONE.ID - Spanyol adalah salah satu negara maju dan modern. Ternyata dibalik itu orang-orang di sana masih ada yang tinggal di dalam gua.

50 Km ke arah barat dari Granada, Spanyol, ada Desa Guadix. Desa ini berada di pegunungan Sierra Nevada, Andalusia. Desa ini adalah desa gua karena orang-orangnya masih hidup di dalam gua. Mereka menjadikan gua sebagai tempat tinggal sejak ratusan tahun lalu.

'Rumah' penduduk Guadix, atau yang dikenal sebagai trogloditas atau troglodytes, itu dibuat unik. Gua memiliki cerobong yang dibuat menyembul di atas permukaan tanah, serta pintunya terbuat dari batu cadas. Cerobongnya itu keliatan dari luar dan pintu juga, tapi tempat tidur dan ruangan rumahnya ada di dalamnya di gua.



Rumah-rumah ini saling menyatu dengan lorong-lorong yang dibuat di dalam gunung. Setidaknya ada 2.000 rumah gua yang saling berhubungan dalam labirin yang memusingkan. Meski gua dan di dalam gunung batu, rumah-rumah di sini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Bahkan ada yang berlantai marmer dan memiliki sambungan internet.

Ketika musim panas maka suhu panasnya akan sangat menyengat dan di dalam rumah di sana orang-orangnya terlindungi. Gua bertindak seperti pendingin alami. Tinggal di bawah tanah juga menjaga suhu relatif hangat selama musim dingin. Gua juga aman dari serangan binatang liar. Diyakini Desa Guadix sudah dihuni sejak 500 tahun silam.