Padang Garam yang Indah Seperti Kaca

LAZONE.ID - Salar de Uyuni merupakan padang garam terbesar di dunia, luasnya 10.582 km2. Saat musim hujan, air yang tergenang akan membentuk danau dan seolah kayak kaca!

nilah Salar de Uyuni, dataran garam terbesar di dunia seluas 10.582 kilometer sekaligus cermin alam terbesar di dunia. Terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Pegunungan Andes, Bolivia. Padang garam ini pun merupakan salah keajaiban dunia.

Tau nggak bro, padang garam ini terbentuk oleh beberapa danau prasejarah, yang berubah bentuk sekitar 30.000 sampai 42.000 tahun yang lalu. Permukaannya tertutup lapisan garam setinggi beberapa kaki, menjadikan dataran ini tetap kering sepanjang tahun.
 


Di bawah permukaan Salar de Uyuni, sekitar 2-20 meter, ada danau air garam jenuh. Danau ini ditutupi oleh kumpulan garam padat yang akhirnya membentuk dataran garam yang luas. Padang garam ini bro, bakal jadi cermin raksasa saat musim hujan tiba.

Ketika musim hujan tiba, padang garam berubah menjadi danau garam raksasa. Tetapi, kedalaman airnya hanya 15-50 cm saja, sehingga dapat dipijak atau dilalui kendaraan. Ini yang keren, kalo loe berdiri di sana bakal ada bayangan terpantul di bawah kayak berdiri di cermin.

Dalam bahasa Spanyol, salar berarti dataran garam. Sedangkan kata uyuni diambil dari bahasa Aymara yang berarti pena atau hamparan. Kapan loe ke sini?