Padang Savana Afrika Ala Situbondo

LAZONE.ID - Banyak banget satwa liarnya.

Enggak usah jauh-jauh lagi ke Afrika buat safari di padang savana yang penuh satwa liar. Sekarang hal itu bisa lo rasakan di Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur.

Taman Nasional Baluran ini dapat dibilang merupakan destinasi wisata yang berbeda. Karena apa? karena di sana lo bisa menemukan banyak banget satwa liar yang benar-benar liar enggak seperti di kebun binatang pada umumnya deh.

Kurang lebih 12 km dari pintu masuk taman nasional, lo udah akan bisa melihat padang savana luas seperti di Afrika. Satwa liar pun bebas berlarian kesana-kemari di sini. Ada rusa, monyet, kerbau, banteng, burung, dan lain sebagainya.

Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Batas wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, dan di tengah kawasan ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. Apalagi kalo lo melihat padang savana ini dari kejauhan bro, wah itu keren banget deh gue jamin!

Jadi, Taman Nasional Baluran ini merupakan perwakilan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Nah buat lo yang suka fotografi, gue saranin lo datang ke sini pada saat musim kemarau karena air di hutan kering, dan rumput bewarna kuning. Enggak cuma itu, saat musim kemarau biasanya satwa seperti rusa, banteng, burung merak yang berada di dalam hutan keluar menuju savana.

Sepanjang perjalanan menuju Savana di Taman Nasional Baluran ini lo akan melihat banyak banget pohon jati di kiri-kanan jalan. Sunrise di Taman Nasional Baluran juga sangat bagus loh, jadi mendingan lo kesananya pas subuh ya.

Untuk melihat sunrise, lo harus menuju ke Pantai Bama. Di sana banyak juga pohon mangrove dan kawasan konservas. Tapi, lo harus berhati-hati nih karena banyak banget monyet liar.

Di pantai itu lo bisa sewa perahu buat berkeliling di Taman Nasional. Enggak cuma itu, Pantai Bama juga menyediakan spot untuk snorkeling yang cukup bagus.