Inspiring Place

Pagoda Myanmar Juga Ada di Indonesia!

  • 08 June 2017
  • 2141 views

Pagoda ini sampai dapat rekor MURI.

LAZONE.ID -

Enggak jauh dari Medan, di Kota Berastagi ada tempat wisata yang unik banget. Di kota yang berhawa sejuk ini, lo bisa menemukan bangunan yang mirip banget sama Pagoda Shwedagon di Myanmar.

Nah, pagoda emas ini berlokasi di Taman Alam Lumbini dan merupakan replika pagoda yang ada di Myanmar. Bahkan, pagoda ini mendapat predikat dari MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, dan termasuk replika tertinggi nomor dua di Asia Tenggara. Enggak cuma itu, Taman Alam Lumbini juga merupakan wisata religi.

Seluruh bangunan di Taman Alam Lumbini ini bewarna emas berkilau yang membuat pagoda semakin mencuri perhatian wisatawan. Buat masuk ke kawasan Taman Alam Lumbini, lo enggak akan dipungut biaya kok. Paling lo hanya disuruh mengisi buku tamu yang ada di depan gerbang masuk.

Buat ke pagoda ini, lo harus melewati sebuah jembatan gantung yang dipadukan dengan puluhan lentera yang bergelantungan. Jembatan gantung sepanjang 20 meter ini dikenal dengan nama Titi Lumbini.

Sesampainya di pagoda, lo akan disambut sama kemegahan replika pagoda Shwedagon dengan arsitektur yang begitu indah. Relief-relief unik dan patung-patung Budha menghiasi bangunan utama Pagoda ini.

Di bawahnya terdapat hiasan sulur berupa gelang-gelang emas sepanjang 1,5 meter. Di puncak Pagoda, terdapat puluhan lonceng sebagai penghias yang akan berdentang jika tertiup angin. Pagoda ini sendiri merupakan tempat ibadah untuk yang beragama Budha.

Di dalam Pagoda, tepat di tengah-tengah ruangan, lo bisa melihat empat patung Budha yang terbuat dari marmer. Dalam Pagoda Taman Alam Lumbini ini tersimpan sebanyak 2.958 rupang Budha, 30 rupang Arahat dan 108 relik suci yang hampir seluruhnya dibawa langsung dari Myanmar, termasuk puncak pagoda setinggi 46,8 meter di atas stupa.

Di samping bangunan pagoda juga ada taman, patung-patung binatang, patung Budha, ruang penelitian tanaman yang tentunya menambah keindahan pagoda di Taman Alam Lumbini ini.

Lo boleh masuk ke dalam pagodanya kok bro. Tapi ada aturannya nih, lo enggak boleh foto-foto di dalam pagoda dan juga enggak boleh makan dan minum selama berada di areal Pagoda.

Taman Wisata Alam Lumbini buka dari Senin-Sabtu. Hari Minggu, pengunjung hanya boleh mengitari bangunan pagoda dan tidak boleh masuk kecuali lo mau melakukan ibadah.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...