Pamukkale, Kolam Mineral Bertingkat di Turki

LAZONE.ID - Kolam berundak dengan dinding seputih kapas.

Mungkin lo udah sering liat atau bahkan mengunjungi tempat-tempat pemandian air panas. Bisanya kolam air panas alami tersebut terbentuk secara alami dari mineral alam.

Nah, ngomong-ngomong soal tempat pemandian air panas alami, Turki punya satu spot wisata air panas yang luar biasa indah, Bro.

Tempat ini namanya, Pamukkale, atau dalam bahasa Indonesia artinya kastil kapas. Kenapa diberi nama begitu, karena warnanya yang putih dan bertingkat seperti kastil, Bro.

Terbentuk Akibat Gempa

Kolam air mineral yang berundak-undak ini terbentuk akibat peristiwa alam. Tepatnya sekitar 4000 tahun lalu, serangkaian gempa emang sering terjadi di daerah Turki dan negara sekitarnya. Gempa tersebut mengakibatkan pergeseran di dasar Sungai Menderez. Hal ini bikin air mineral bumi mengalir keluar dan terbentuklah Pamukkale yang indah.

Pamukkale punya bentuk bertingkat dengan air yang biru, suhunya sendiri bisa mencapai 35 hingga 100 derajat. Airnya mengalir di kolam yang punya kedalaman 100 meter. Kolam air panas di Pamukkale ada 17, yang dindingnya terbentuk dari kristal putih yang cantik.

Kota Hierapolis

Selain menikmati wisata berendam air mineral yang panas, di sekitar Pamukkale juga terdapat wisata sejarah, Bro. Di sana ada bekas-bekas negara Romawi Kuno, yang dibangun sekitar tahun 190 SM. nah, kota tersebut hancur pada tahun 1 M akibat gempa.

Kini wisatawan menikmatinya sebagai wisata sejarah melihat reruntuhan peninggalan Romawi Kuno.

Gimna, lo tertarik nyoba mandi air panas di Pamukkale, Bro?