Pancuran Air Panas Paling Unik di Dunia

LAZONE.ID - Fly Geyser adalah pancuran air panas di dunia yang nggak ada di tempat lain. Air panasnya memancur dari bebatuan berwarna-warni.

Ini Fly Ranch Geyser atau lebih dikenal dengan nama Fly Geyser. Objek unik berwarna pelangi ini adalah sebuah geyser geothermal (pancuran sumber air panas) yang terletak di Washoe County, Nevada. Lokasinya berjarak kira-kira 32 kilometer dari Gerlach.

Fly Geyser atau yang dikenal juga dengan sebutan Fly Ranch Geyser ini dulunya tercipta secara tak disengaja pada tahun 1917 saat pengeboran untuk sumur air. Dan ketika menyemburkan ternyata adalah sumber air panas yang tak bisa digunakan sama sekali oleh penduduk setempat.


Tingginya hanya 1,5 meter, tetapi jika diukur beserta gundukan tanah yang ada di bawahnya air mancur panas ini memiliki tinggi total 3,7 meter. Semburannya bisa mencapai 1,5 meter. Tanah di sekitar geyser tersebut membentuk terasering. Ada sekitar 30 sampai 40 terasering yang terisi air dari geyser, hingga berubah menjadi puluhan kolam kecil yang mengelilingi Fly Geyser.

Sekarang Fly Geyser jadi fenomena alam paling unik di dunia lho bro. Berkat kandungan mineral yang tinggi dan beraneka ragam, akhirnya Fly Geyser menjadi tempat berkembang biak sejumlah ganggang yang tubuhnya mengeluarkan pigem-pigmen warna. Ganggang-gangang itulah yang menimbulkan warna merah, kuning, hijau, dan oranye pada tumpukan bukit artifisial Fly Geyser. Unik banget ya!