Panjat Tebing di Pantai, Datang Aja ke Gunung Kidul

LAZONE.ID - Pantai Siung di Gunungkidul memiliki 250 jalur panjat tebing di pinggiran pantai.

Biasanya, kalau ke pantai loe pasti leyeh-leyeh di atas pasirnya atau berenang di bibir pantainya. Berbeda di Pantai Siung, Gunung Kidul sana, orang-orang yang datang untuk panjat tebing. Asyik bro, pemandangannya laut!

Pantai Siung terletak di sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan. Bisa sih naik kendaraan umum, kayak bis dari kota Wonosari tapi nunggunya berjam-jam. Maka yang paling enak, datang ke sana pakai kendaraan pribadi.

Ciri khas Pantai Siung, adalah batu-batu karang yang besar dan terhampar di pantai. Tingginya bisa belasan meter dan strukturnya sangat kuat. Di tahun 1990-an, beberapa komunitas panjat tebing sering melakukan perlombaan panjat tebing di sana. Tapi kini, justru kegiatan panjat tebing jadi atraksi wisata di Pantai Siung.
 

Adalah masyarakat setempat dan komunitas-komunitas panjat tebing dari berbagai kampus di Yogyakarta yang mengelola jalur-jalur panjat tebing di sana. Jangan kaget bro, total ada 250 jalur panjat tebing lho!

Fasilitas lain juga mendukung kegiatan panjat tebing adalah ground camp yang berada di sebelah timur pantai. Di sana, loe bisa bermalam dan melihat penyu. Tiket masuk ke Pantai Siung, juga murah kok, Rp 10.000 aja.

Kapan lagi bro, main panjat tebing sambil lihat pantai dan laut cantik!