Inspiring Place

Pantai dengan Suara Seruling Samudera

  • 29 May 2017
  • 3229 views

Bukan cuma indah, tapi ada suara merdu juga!

LAZONE.ID -

Pantai Klayar menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan dalam negeri dan asing. Pantai yang berada di kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini menyuguhkan suasana yang indah. Gimana enggak bro, lo bisa melihat pemandangan yang keren banget, di bagian barat pantai terdapat sebuah bukit dengan pemandangan ke arah laut lepas, sedangkan di bagian timur, terdapat batu karang yang unik.

Enggak cuma itu, pasir di Pantai Klayar berwarna putih dengan tekstur yang sangat lembut. Tapi, pantai ini enggak cocok nih untuk berenang. Ya pantai ini memang cocok untuk dinikmati keindahan alam dan pemandangannya saja.

Walaupun begitu, Pantai Klayar juga menyimpan berbagai macam hal unik di dalamnya yang buat lo enggak akan bosen di tempat ini, salah satunya fenomena seruling samudera.

Di pantai ini terdapat sebuah lubang berukuran kecil, dimana lubang ini bisa menyemburkan air dengan jangkauan yang cukup tinggi. Bahkan, fenomena ini dapat mengeluarkan bunyi seperti suara seruling. 

Ya memang, dulu awalnya warga sekitar merasa aneh dari mana asal suara seruling itu. Bahkan banyak yang mengaitkan fenomena itu dengan hal mistis. Nah, setelah diselidiki lebih lanjut ternyata suara seruling ini berasal dari angin yang mengikuti deburan ombak melalui celah-celah batu karang, sehingga tercipta suara seruling.

Fenomena seruling samudera itu bisa lo temukan saat air laut mulai pasang, yaitu pada pukul sembilan pagi sampai empat sore. Pada waktu itu, air akan menyembur ke luar melalui lubang kecil, saat air ombak masuk ke dalam celah kecil yang terdapat di batu karang, semburan yang dikeluarkan akan menjulang begitu tinggi. Penasaran kan lo? cobain aja bro liburan ke sana.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...