Pantai Kononnya Dibuat Raksasa

LAZONE.ID - Menurut mitos, tumpukan batu dibuat oleh raksasa Irlandia bernama Finn MacCool sebagai akses menemui musuhnya. Ini pantai Giant's Causeway di Irlandia.

Giant's Causeway adalah sekumpulan kolom basalt yang terbentuk karena letusan vulkanik. Kebanyakan kolom-kolom ini berbentuk heksagonal, meskipun ada juga yang punya empat, lima, tujuh, atau delapan sisi. Kolom tertinggi mencapai ketinggian 12 meter, sementara lava yang memadat di tebing ketebalannya mencapai 28 meter.

Jadi kolom itu bentuknya kayak persegi yang bertumpul-tumpuk. Menurut legenda, kolom ini merupakan reruntuhan jalan lintasan yang dibangun oleh seorang raksasa. Konon, raksasa Irlandia yang bernama Fionn mac Cumhaill (Finn MacCool) ditantang untuk melawan raksasa Benandonner di Skotlandia. 

Legenda Irlandia menyebutkan, dahulu seorang raksasa Irlandia membangun jalan pintas menuju Skotlandia untuk melawan raksasa dari negara tersebut. Namun saat sedang membangun jalan, dia tertidur. 

Saat itulah, raksasa dari Skotlandia muncul dan akan melawan raksasa Irlandia tersebut. Namun karena melihat ukurannya yang besar, raksasa Skotlandia ini ketakutan kemudian berlari kembali ke Skotlandia sambil menutup jalan yang telah dibuat raksasa Irlandia dengan batu-batu besar.

Secara geologis fenomena Giant Causeway ini terjadi akibat aktivitas volkano selama masa Paleogen beberapa puluh juta tahun yang lalu. Kolom-kolom ini terletak di County Antrim, pantai timur laut Irlandia Utara, sekitar tiga mil (4,8 km) sebelah timur laut kota Bushmills. Giant's Causeway dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986, dan Cagar Alam Nasional pada tahun 1987 oleh Departemen Lingkungan Irlandia Utara.