Paris After Attack, Masih Ciamik

LAZONE.ID - Lebay nggak sih, liburan ke Paris pasca tragedi penembakan dan pengeboman kemarin? Nggak bro, justru kita ikutan ngebantu mereka lewat pariwisata yang jadi tulang punggung kota ini.

Lebay nggak sih, liburan ke Paris pasca tragedi penembakan dan pengeboman kemarin? Nggak bro, justru kita ikutan ngebantu mereka lewat pariwisata yang jadi tulang punggung kota ini. Perekonomian bisa jalan terus karena adanya turis. Cuma kalau loe mutusin ke sono, kudu siapin beberapa hal lebih dari biasanya.

Misalnya paspor udah siap di tempat yang gampang dijangkau, siap ditanya-tanya dengan detail, nggak ngenggembol barang kebanyakan sehingga enggak bikin curiga polisi yang sekarang makin banyak stand by di berbagai tempat. Dan penting nih, nggak panikan atau latah kalau ada police raid alias penggerebekan. Karena sampai seminggu setelah serangan itu, Paris masih agak ramai dar der dor serta isu bom bunuh diri.

Ini dia beberapa catatan penting soal Paris sekarang:

Presiden Prancis, François Hollande bikin deklarasi negara dalam kondisi darurat. Jadi polisi dan militer yang bakal loe lihat juga banyak banget. Pemerintah lokal punya hak membatasi orang bepergian, memberlakukan jam malam, nggak ngebolehin orang bergerombol. Aturan ini bisa berlaku sampai tiga bulan ke depan.

Penerbangan keluar masuk Paris nggak berubah, tapi pemeriksaan dan antrean makan waktu lebih lama.

Jadwal kereta nasional dan internasional nggak berubah.

Kereta komuter Paris, metro, juga tetap beroperasi kecuali stasiun Oberkampf.

Museum dan landmark kota seperti Eiffel Tower dan Louvre sudah dibuka lagi. Tempat wisata kayak Disneyland Paris masih ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Jangan heran kalau ada undangan buat ke cafe atau brasserie. Ini bukan acara makan-makan tapi bentuk solidaritas hening sejenak yang dilakukan bersama-sama.

Buat turis yang sudah pesan penginapan di AirBnB, coba cek lagi apakah tempat lo masih tersedia karena saat ini tempat nginap dikerahkan buat nampung keluarga korban tragedi Paris.

AT&T, Skype, Google, Verizon, dan Sprint, nawarin nelpon dan kirim pesan gratis ke Prancis.

Kalau dari Prancis lo mau muter-muter negara Eropa pakai visa Schengen, siap-siap pemeriksaan super ketat di setiap perbatasan antarnegara karena ada tindakan antisipasi dari 26 negara Uni Eropa yang ikutan Perjanjian Schengen, untuk mengamankan semua perbatasan mereka.