Permainan Mistis Bambu Gila dari Maluku

LAZONE.ID - Permainan tradisional dari Maluku, bambu yang diisi kekuatan gaib.

Di daerah Maluku, ada permainan tradisional yang bernama Bambu Gila. Satu batang bambu, dibacain mantera dan bergerak-gerak sendiri. 5 orang harus siap menahan dan melawannya agar diam dan tidak terjatuh ke tanah.

Permainan ini harus dilakukan oleh jumlah orang yang ganjil, bisa tiga, lima, atau tujuh orang. Habis itu, seorang pawang akan membakar sesajen dan asapnya dimasukan ke ruas bambu. Ketika mulutnya selesai berkomat-kamit, langsung bambu akan bergerak sendiri.

Nah, orang-orang yang memegang bambunya bakal langsung terpontang-panting. Malah, secara tiba-tiba bambunya akan terasa berat sekali. Semakin dilawan, semakin berat dan liar. Sumpah ini bambu gila!

 
 
Ternyata, permainan Bambu Gila sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kabar yang beredar, belum pernah ada orang yang sanggup melawan bambu yang gila itu. Semuanya pasti kalah dan tangannya kesakitan sampai ada yang memar.

Permainan Bambu Gila bisa loe temui di tiap wilayah di Maluku sana. Kalau dipikir pakai akal sehat, mana bisa bambu yang benda mati bisa menang melawan manusia. Yang nggak percaya, coba sendiri deh bro!