Pesona Gua Jatijajar Kebumen, Surga Dari Perut Bumi

LAZONE.ID - Gua ini ditemukan oleh petani

Tempat wisata Gua Jatijajar merupakan wisata gua alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua ini terbentuk dari batu kapur. Kabarnya Gua Jatijajar ditemukan oleh seorang petani yang punya tanah di atas gua itu yang bernama Jayamenawi.

Jadi kisahnya itu berawal saat Jayamenawi lagi ngambil rumput, terus dia jatuh ke dalam lobang. Nah pas bangun, dia ngeliat ke sekeliling lalu melihat ke atas, dan ternyata di atas ada sebuah lobang ventilasi yang ada di langit-langit gua tersebut.

Awalnya, pintu-pintu gua masih tertutup tanah, terus setelah tanah yang menutupi dibongkar dan dibuang untuk mencari pintu keluar, ketemulah pintu gua yang sekarang digunakan sebagai pintu masuk Gua Jatijajar. Karena di depan pintu gua itu ada 2 pohon jati yang besar dan tumbuh sejajar, maka gua tersebut akhirnya diberi nama Gua Jatijajar.

Yaudah, ke depannya gua ini dikembangkan dan dijadikan obyek wisata. Sejak Gua Jatijajar dibangun, di dalam Gua Jatijajar ditambah bangunan-bangunan seni, pemasangan lampu listrik sebagai penerangan, ornamen gua, trap-trap beton untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang masuk ke dalam Gua Jatijajar.

Pesona Gua Jatijajar Kebumen, Surga Dari Perut Bumi

Di dalam Gua Jatijajar ada sungai atau sendang, tetapi yang dapat dicapai dengan mudah hanya 4 sungai, yaitu Sungai Puser Bumi, Sungai Jombor, Sungai Mawar, dan Sungai Kantil. Mitosnya, sendang Puser Bumi dan Jombor konon airnya mempunyai khasiat yang bisa dipakai buat perantara atau tuah untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing-masing.

Nah, kalo mitos sendang Mawar konon airnya jika untuk mandi atau mencuci muka, maka mempunyai khasiat bisa awet muda. Sedangkan mitos sendang Kanthil jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat dan cita-citanya akan mudah tercapai.

Di dalam Gua Jatijajar banyak banget stalagmit dan juga pilar atau tiang kapur, yaitu pertemuan antara stalagtit dengan stalagmit. Batu-batuan di Gua Jatijajar sangat tua. Nah, karena umurnya tua banget maka di depan Gua Jatijajar dibangun sebuah patung binatang purba Dinosaurus sebagai simbol objek Wisata Gua Jatijajar, dari mulut patung itu keluar air dari Sendang Kanthil dan sendang Mawar, yang sepanjang tahun belum pernah kering.

Sedangkan air yang keluar dari patung Dinosaurus tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai pengairan sawah desa Jatijajar dan sekitarnya.