Posong, Sunrise Dikelilingi 7 Gunung

LAZONE.ID - Nggak ada waktu buat jalan-jalan ke Dieng Plateau di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara?

Nggak ada waktu buat jalan-jalan ke Dieng Plateau di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara? Coba deh alternatifnya di Kabupaten Temanggung, di dataran tinggi Posong, berada di Desa Tlahap dan masuk ke Kecamatan Kledung.

Belum pernah dengar? Ya namanya juga destinasi wisata yang baru dikembangkan oleh Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tapi nama Kledung pastinya cukup akrab buat para ‘pemburu’ matahari terbit karena adanya Kledung Pass, tempat yang sangat pas buat menikmati cantiknya gunung.

Posong berada di kaki Gunung Sindoro. Dari sini loe bisa menikmati matahari di timur, dikelilingi 7 gunung berjajar di Provinsi Jawa Tengah. Yaitu Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran, dan tentunya si kembar Sumbing dan Sindoro. Kerenlah pastinya, karena gunung-gunung itu berada di dekat berbagai kota di Jawa, mulai Yogya, Semarang, Parakan, Wonosobo sampai Magelang. Kebayang tuh, luasnya lanskap ini!

Tempat wisata Posong ini dikelola Jogorekso Community yang menyediakan urusan home stay dan paket jalan-jalan seharian. Kalau nggak mau capek, hubungi mereka aja begitu lo sampai Desa Tlahap yang berada sekitar tiga kilometer dari jalan raya Temanggung-Wonosobo.

Kalau pengen sekadar datang ke gardu pandang tanpa nginap juga bisa. Ada tiga gardu tersedia di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas paras laut, tinggal bawa motor atau mobil ke Posong via Jalan Trasahan. Lo kudu bayar retribusi parkir dengan harga terjangkau kantong. Kopi, mie instan dan gorengan panas juga tersedia buat nemenin sunrise loe.

Habis menikmati matahari terbit, loe bisa jalan-jalan ke punden berundak di Watu Mlongso, atau trekking ringan ke Watu Kelir buat ngeliat formasi batuan. Kalau mau nginap, malam harinya loe bakal ditemani bintang bertaburan di atas dataran tinggi ini.