Pulau Bersejarah di Kepulauan Seribu yang Punya Benteng VOC

LAZONE.ID - Kepulauan Seribu punya banyak pulau eksotis. Tapi ada juga pulau yang bersejarah di sana bro, Pulau Kelor!

Pulau kelor ini merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau Kelor terletak berdekatan dengan Pulau Onrust dan Pulau Bidadari.

Jaraknya ke Pantai Ancol sekitar 1,8 kilometer atau satu jam pelayaran dengan kapal motor. Pulau ini memiliki pasir putih dengan air laut yang lumayan jernih dikala pagi hari. Karena tingginya abrasi disekitar pulau ini banyak dipasang pilar-pilar pemecah ombak agar pulau ini lebih terjaga kelestariannya dan tidak habis dimakan ombak.



Di balik kecantikannya, Pulau Kelor menyimpan sejarah.  Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Benteng namanya Martelo dan masih ada hingga kini.

Pulau Kelor juga tempatnya para pejuang dan tahanan politik negeri kita gugur. Pulau ini menjadi kuburan mereka yang memberontak para penjajah dari Belanda. Kuburan tersebut pun dikenal dengan kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien.

Foto-foto dengan background Benteng Martelo, hasilnya pasti cakep. Kecantikan Pulau Kelor memang sudah mencuri hati orang-orang, termasuk Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan yang melangsungkan pernikahan di sana.