Pulau Devon Ini Mirip Seperti Tanahnya Planet Mars

LAZONE.ID - Pulau Devon merupakan pulau tak berpenghuni dan ekstrem buat ditempati manusia. Pulau itu disebut NASA, kontur tanahnya mirip seperti planet Mars.

Ada alasan Pulau Devon adalah pulau tak berpenghuni terbesar di dunia: kondisi ekstrem kutub, medan tandus, siang dan malam Arktik yang panjang. Bahkan orang Inuit yang mencoba hidup di sana, menyerah. Di sana juga ada kawah selebar 14 mil. Temperatur di pulau tersebut sangat dingin, sampai-sampai kawah tersebut tak berubah selama 39 juta tahun sejak terbentuk kali pertamanya.

Di dalam kawah tersebut, bahkan teknologi komunikasi tercanggih tak bisa digunakan. Itu mengapa para ilmuwan menjulukinya 'Mars di Muka Bumi'. Di Pulau Davon, NASA melakukan studi terkait seperti apa kehidupan jika manusia tinggal di Mars.



Devon Island, pulau di kawasan Arktik sekitar Kutub Utara. Pulau yang sebenarnya masih masuk dalam kawasan negara Kanada, namun tidak dihuni oleh penduduk. Lanskap, kontur tanah hingga suasana di sana pun dinilai oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) mirip planet Mars!

Pulau Devon, pulau tak berpenghuni terbesar di Bumi, terletak di Teluk Baffin, Region Qikiqtaaluk, Nunavut, Kanada. Pulau ini adalah salah satu anggota yang lebih besar dari Kepulauan Arktik Kanada, terbesar kedua dari Kepulauan Ratu Elizabeth, pulau keenam terbesar di Kanada, dan pulau terbesar ke-27 di dunia.