Pulau di Tengah Samudera Atlantik Kayak Dunia Lain

LAZONE.ID - Di Samudera Atlantik pasti nggak bakal orang nyangka ada pulau yang unik. Tanahnya tandus dan merah tanpa ada kehidupan seperti di dunia lain saja loh!  

Tanjung Verde adalah sebuah republik yang terletak di rantai kepulauan di Samudra Atlantik Utara, pada pesisir barat Afrika. Pulau-pulau yang sebelumnya tak berpenghuni tersebut ditemukan dan dijajah oleh bangsa Portugis pada abad ke-15; mereka kemudian menjadi pusat perdagangan untuk budak-budak Afrika. Kebanyakan penduduk Tanjung Verde adalah keturunan dari kedua kelompok tersebut.

Beberapa pulau di sana pun ada yang dihuni dan ada yang nggak dihuni. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Pulau Verge. Pulau ini terdiri dari gunung berapi hitam tunggal. Di dalam kawah utama ada kawah-kawah yang lebih kecil yang terbentuk oleh letusan yang berbeda selama sejarah panjang gunung berapi.



Para ilmuwan yakin, erupsi dahsyat 73 ribu tahun lalu menyebabkan runtuhnya satu sisi pulau dan memicu tsunami 800 kaki yang menghancurkan pulau-pulau tetangga. Hingga kini, bebatuan seukuran truk masih tersebar di wilayah itu.

Meski gunung tersebut masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 2014, pulau tersebut dihuni 40.000 orang. Mereka berternak di lokasi yang mirip pemukiman manusia di Bulan. Penyulingan anggur menghasilkan minuman berkualitas tinggi dari anggur tumbuh di dalam kawah. Sementara, perkebunan kopi ada di sisi gunung.