Pulau Labengki, Bikin Lupa Daratan

LAZONE.ID - Pulau Labengki jadi surga baru para diver di wilayah Sulawesi setelah Bunaken. Labengki terletak di Konawe Utara, tepatnya di Lasolo Bay, Kabupaten Lasolo, Sulawesi Tenggara.

Pulau Labengki jadi surga baru para diver di wilayah Sulawesi setelah Bunaken. Labengki terletak di Konawe Utara, tepatnya di Lasolo Bay, Kabupaten Lasolo, Sulawesi Tenggara.

Pulau ini dipopulerkan oleh Toli Toli , relawan Labengki Giant Clam Conservation Team sejak 2012. Terdiri dari 5 pulau besar, yaitu Labengki Besar, Labengki Kecil (kecil), Namira, Akila Island dan Mauang Island, sedangkan pulau-pulau kecil terdiri sekitar 20 pulau yang tidak memiliki nama. Sedangkan pulau yang memiliki populasi adalah Labengki Kecil dan Mauang Island.

Pulau Labengki menawarkan panorama eksotis, perairan tenang, jernih, dikelilingi bukit-bukit berbatu dengan hutan hijau dan tanaman anggrek. Keanekaragaman hayati di bawah airnya pun luar biasa. Puluhan pantai pasir putih tersebar di setiap sudut pulau, dengan air jernih dan hamparan karang berwarna-warni. Surga banget buat diver, snorkeling, mancing, climbers dan pencinta anggrek.

Labengki merupakan rumah dari spesies kerang raksasa asli yang disebut dengan Kimaboe, menjadi salah satu spesies kerang raksasa di dunia. Banyak spot yang indah buat para penyelam dengan berbagai jenis, mulai dari lereng hingga drop off, dengan visibilitas dapat mencapai 30 - 35m. Bening banget kan bro.

Sudah begitu formasi karangnya menakjubkan dan kaya warna. Labengkii punya topografi yang unik dari gundukan karang dengan jenis karang yang berbeda. Beberapa titik menyelam memiliki arus kuat, cocok buat yang doyan memacu adrenalin, drift diving di tengah pemandangan bawah laut menakjubkan dan ikan-ikan besar.