Pulau Paling Terpencil di Dunia, Apa Ya?

LAZONE.ID - Jauh di Samudera Atlantik ada yang namanya Pulau Tristan Da Cunha. Negara paling dekatnya adalah Afrika Selatan yang jaraknya 2.816 km. Beh!

Tristan Da Cunha sebagai pulau paling terpencil di dunia. Tak ada jalur darat atau pun udara untuk mencapainya hanya bisa dari laut. Tristan Da Cunha adalah pulau vulkanik yang berada di tengah Samudera Atlantik. Disebut-sebut sebagai pulau vulkanis karena di dalamnya, loe bisa melihat Gunung Queen Mary yang pernah meletus pada tahun 1961.

Pulau ini pertama kali ditemukan pada tahun 1506 oleh penjelajah Portugis bernama Tristan da Cunha, namun dia tidak berhasil mendarat karena keadaan alamnya yang tidak memungkinkan. Dia menyebut pulau ini sesuai namanya yaitu Tristan da Cunha. Sempet bergonta-ganti kepemilikan dari Amerika terus Inggris akhirnya pulau ini merdeka sendiri.

 


Negara terdekat adalah Afrika Selatan, tapi itu juga jaraknya 2.816 km. Atau Argentia di Amerika Latin tapi masih jauh juga bro, 3.360 km. Kalau mau ke sana nggak bisa naik pesawat karena nggak ada bandara akibat keterbatasan lahan. Satu-satunya sih pakai kapal laut. Luas pulaunya hanya 98 km persegi.

Pulau ini memiliki populasi sekitar 250 orang. Di sana ada sekolah, supermarket dan layaknya kota-kota lain di dunia. Tapi dokter cuma satu doang dan 5 perawat yang didatangkan dari Afrika Selatan. Penduduknya tinggal secara damai, pembagian lahan dibagi secara adil. bener-bener tempat terpencil nih.