Pulau Rinca, Savana dan Komodo

LAZONE.ID - Pulau Rinca di NTT diberkahi bentang alam berupa savana yang luar biasa indah dan sekaligus sarangnya komodo.

2 Jam naik kapal laut dari Labuan Bajo kita akan tiba di Pulau Rinca. Salah satu pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang terkenal dengan air laut biru jernih, padang savana serta rumahnya sang Naga Purba alias komodo.

Dari labuan Bajo di NTB, sudah banyak operator tur yang akan menawarkan paket wisata ke Pulau Rinca, Pulau Komodo dan pulau-pulau lainnya di kawasan Taman Nasional Komodo. Tahu nggak loe, ternyata jumlah komodo di Pulau Rinca lebih banyak dibanding di Pulau Komodo. 2.300-an ekor berbanding 2.100-an ekor.

Begitu sampai di Pulau Rinca, akan ada ranger yang menemani kita. Dia adalah pemandu sekaligus pawang komodo. Dengan tongkat yang ujungnya bercabang seperti huruf Y, dia akan mmemandu kita sepanjang perjalanan. Sekaligus, memberi informasi tentang sang Naga Purba itu.

Tahu nggak, kalau komodo jam aktif komodo, yaitu sekitar pukul 9-11 pagi dan jam 3-5 sore. Di jam-jam segitu, komodo sedang keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Selain komodo, ada habitat rusa dan kerbau di sana yang memang sengaja dibiarkan hidup dan manusia dilarang untuk memburunya.

 


Komodo mampu mencium darah dari jarak 5 meter. Itu mengapa, wanita yang haid nggak boleh menapakan kaki di Pulau Rinca bro. Lalu senjata komodo, adalah air liurnya yang mengandung racun yang mampu melumpuhkan mangsa.

Komodo, saat siang hari biasanya bersembunyi di bawah rumah-rumah panggung (tempat menginap atau rumah penduduk setempat) dan di bawah pohon. Hati-hati juga ya kalau senderan di pohon, karena anak-anak komodo yang masih kecil suka manjat pohon dan nangkring di atas.

Tapi tenang, ada ranger kita aman. Aman untuk selfie dan melihat komodo dari dekat. Satu lagi yang bisa loe lihat di Pulau Rinca adalah padang savana yang sangat luas. Eksotis banget!