Pulau Terlarang Ala Islandia

LAZONE.ID - Surtsey adalah sebuah pulau vulkanik di selatan Islandia dan tak berpenghuni. Jangan datang ke pulau ini karena sangat berbahaya untuk nyawa. Kenapa?

Surtsey adalah sebuah pulau vulkanik di selatan Islandia. Lokasinya paling selatan Islandia. Surtsey terbentuk akibat letusan gunung berapi yang berasal dari kedalaman 130 meter (426 kaki) di bawah permukaan laut, dan mencapai permukaan pada tanggal 14 November 1963. Letusan terus berlanjut sampai tanggal 5 Juni 1967, ketika pulau itu mencapai luas maksimal 2.7 km2. Sejak itu, angin dan erosi mengakibatkan pulau itu mengecil sejak tahun 2002, luas pulau mencapai 1.4 km2.

Peristiwa itu kemudian mendapat perhatian dari banyak ilmuwan di berbagai negara karena menjadi contoh luar biasa dari formasi pulau dan awal kehidupan baru. Namun orang-orang dilarang datang karena tempatnya masih diteliti oleh ilmuwan dan berbahaya sewaktu-waktu gas dan lava dari gunung berapi.



Surtsey merupakan laboratorium alami bagi proses kolonisasi area oleh flora dan fauna. Hingga saat ini, terdapat 60 jenis tumbuhan tingkat tinggi (vascular plant), 27 jenis lumut daun (bryophyta), 71 jenis lumut kerak (lichens), dan 24 jenis jamur (fungi) di Pulau Surtsey. Selain itu, terdapat juga 89 jenis burung serta 335 jenis invertebrata di Pulau ini.

Pulau Surtsey dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Kebijakan dan Urusan Luar Negeri Islandia. Pada tingkat lokal, kawasan ini dikelola oleh Nature Reserve Officer. Pengawasan terhadap pengelolaan kawasan dilakukan oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Makanan melalui badan penasehat yang beranggotakan perwakilan dari enam pihak: Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Makanan, Perhimpunan Peneliti Surtsey, Institut Sejarah Alam Islandia, Institut Penelitian Kelautan, dan Pemerintah Lokal Vestmannaeyjar.