Pulau Terpencil di Dunia Tristan da Cunha

LAZONE.ID - Tristan da Cunha merupakan pulau terpencil di dunia yang jauh dari mana-mana. Paling dekat adalah Afrika Selatan dengan jarak 2.810 km.

Tristan da Cunha adalah pulau paling terpencil di dunia, 2.816 km dari Afrika Selatan. Daratan terdekat adalah di Saint Helena, sekitar 2.430 km.Pulau ini ditemukan pada tahun 1506 oleh pelaut Portugis Tristao da Cunha.

Namun sang pelaut tidak mendiami pulau ini karena akses yang sulit dikepung oleh samudera yang ganas. Akhirnya, pulau ini diambil alih di bawah Persemakmuran Inggris. Sebagian warga hidup di ibukota bernama 'Edinburg of The Seven Seas'. Hingga kini jadi negara persemakmurannya Inggris bro.



Mayoritas penduduknya hidup dari perdagangan hasil bertani dan bekerja di pemerintahan lokal. Sumber pendapatan utamanya dari pabrik lobster. Penduduk di pulau ini juga menghasilkan uang dari penjualan koin dan perangko dari kode pos yang unik. Biaya perawatan kesehatan bagi penduduk di sini gratis, tapi kalau sakit serius, harus menunggu kapal nelayan yang lewat untuk dibawa ke Afrika Selatan.

Tristan da Cunha adalah salah satu pulau berpenghuni paling sedikit dengan populasi hanya sekitar 270 orang. Tidak ada penerbangan menuju Tristan da Cunha. Cara paling umum untuk sampai ke sana adalah dengan menumpang kapal dari Saint Helena atau dengan menumpang kapal nelayan dari Afrika Selatan.