Pulau Ular yang Manusia Dilarang Masuk

LAZONE.ID - Ilha da Queimada Grande, pulau di Brazil yang penghuninya liburan ular. Tiap meter, ada ular yang hidup!

Ilha da Queimada Grande berada sekitar 33 kilometer dari lepas pantai di Sao Paulo, Brazil. Sejarahnya, dulu pulau ini terhubung dengan daratan Sao Paulo. Ribuan tahun lalu, yang mana kawasan tersebut memang dihuni banyak ular, air laut naik dan memisahkannya dengan daratan Sao Paulo. Jadilah seperti pulau sekarang ini.

Ilha da Queimada Grande punya luas 430 meter persegi. Hutannya lebat dan pantainya berpasir putih. Namun sejak tahun 1984, pemerintah Brazil mengeluarkan larangan berupa, manusia dilarang datang ke sana kecuali untuk penelitian dan harus ditemani oleh petugas militer.

Alasannya adalah, pulau ini dihuni oleh 4.000 ular berjenis golden lancehead viper (Bothrops insularis). Tampilannya mirip ular derik dengan kulit yang berwarna emas. Gigitannya pada manusia mengakibatkan perdarahan usus, gagal ginjal, perdarahan di otak dan nekrosis parah jaringan otot. Bisanya yang memang kuat, juga mampu melelehkan daging manusia.
 


Masih banyak jenis ular di Ilha da Queimada Grande. Sebelum ditutup tahun 1984, beberapa petugas mercusuar menetap di sana. Sayang, para petugas di sana meninggal dunia karena banyak yang hilang tanpa kabar alias dimakan ular!

Ular-ular di sana pun sehari-hari menyantap burung dan kadal. Nggak heran kalau manusia nggak boleh datang, karena pasti bisa jadi santapan ular. Tapi kalo para koruptor ditaruh di sana, setuju ga bro?