Rumah Paling Bersejarah di Indonesia, Apa Ayo?

LAZONE.ID - Rumah ini ada di Jakarta dan menjadi tempat penandatanganan teks naskah proklamasi. Tahu nggak bro?

Presiden pertama Indonesia, Soekarno pernah bilang, 'Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya'. Salah satu cara menghargainya adalah dengan traveling. Traveling mendatangi tempat-tempat bersejarah, mengenali dan menjadikan perjuangan para pejuang sebagai inspirasi untuk berkarya.

Salah satu tempat bersejarah yang wajib loe datangin di Jakarta adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jl Imam Bonjol nomor 1, Jakarta Pusat. 16 Agustus 1945 satu hari sebelum proklamasi dibacakan, The Founding Father Bung Karno dan Bung Hatta bersama Ahmad Subarjo menulis teks proklamasi!

Museum itu dulunya adalah rumah Laksamana Maeda, prajurit Jepang. Atas lobi dari Ahmad Subarjo, dia bersedia meminjamkan rumahnya untuk dijadikan tempat perundingan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Rumahnya dua tingkat. Laksamana Maeda berisitirahat di lantai 2, sedangkan 30 pejuang dari berbagai daerah termasuk Bung Karno, Bung Hatta dan Ahmad Subarjo berada di lantai bawah.



Singkat cerita, melalui beberapa perbaikan-perbaikan yaitu tempoh menjadi tempo, penambahan hari dan bulan pada naskah, dan mengubah wakil-wakil bangsa menjadi atas nama bangsa akhirnya Bung karno membacakan teks proklamasi. Para pejuang lainnya pun menyetujui dan meminta teksnya ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Barulah 17 Agustus 1945, Bung Karno membacakan Proklamasi. Proklamasi yang menandakan Indonesia terbebas dari penjahahan, proklamasi yang menandakan Bangsa Indonesia... Merdeka!

Kini, Museum Perumusan Naskah Proklamasi masih dirawat dengan baik. Bangunannya masih utuh, berupa rumah bergaya Eropa. Di dalamnya ditambah diorama kemerdekaan, seperti patung Bung Karno dan pejuang-pejuang lainnya. Lengkap juga informasi yang tertera di sana. Jadi nggak salah, kalau kita sebut Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah rumah paling bersejarah di Indonesia kan?