Sabang, Kecantikan Indonesia Dimulai dari Sini

LAZONE.ID - Sabang di Aceh ini terkenal dengan pantai pasir putih, laut biru jernih dan terumbu karang cantik. Bikin nggak mau pulang bro!


Pasti loe ingat lagu zaman kecil, 'dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote'. Yup, inilah Sabang di Pulau Weh, Provinsi Aceh yang dikenal sebagai si cantik di ujung barat Indonesia. Keindahan Indonesia, dimulai dari sini!

Cara menuju Sabang, gampang banget. Dari Pelabuhan UleeLhee di Kota Banda Aceh, naik kapal boat selama 45 menit menuju Pelabuhan Balohan di Sabang. Dari pelabuhannya, sudah banyak ojek dan mobil carteran yang siap disewa untuk keliling Sabang.

Kita mulai dari pantai dulu. Pantai-pantai di sana di antaranya Pantai Iboih, Pantai Gapang dan Pantai Pulau Rubiah. Pantainya beralaskan pasir putih yang halus dengan lautan biru jernih di depannya. Nggak lengkap kalau nggak berenang, snorkeling dan diving. Bikin lupa daratan deh!



Pantai Anoi Itam, terumbu karangnya juga cantik. Tapi sesuai namanya, pantai ini nggak berpasir putih melainkan berpasir hitam. Namun justru, itu jadi keunikannya bukan?

Jangan lupa juga sambangi Tugu Titik 0 Km Indonesia. Tugu ini berjarak kurang lebih 29 km dari pusat Kota Sabang, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit bila menggunakan kendaraan. Tugunya setinggi 20 meter dan inilah menjadi simbol titik 0 km Indonesia. Wajib foto di sini, terus dapetin sertifikatnya ya.

Yang orang lupa, selain Tugu Titik 0 Km Indonesia, Sabang juga punya Tugu Sabang-Merauke. Cuma ada dua tugu di Indonesia, satunya di Sabang yang mewakili batas barat Indonesia dan Merauke batas timurnya.

Soal keindahan alam, mampirlah ke Sabang Hill yang merupakan tempat terbaik melihat sunset dengan latar teluk yang cantik. Loe yang suka adventure, coba datangi Gunung Berapi Jaboi yang kawahnya masih aktif!

Aneka penginapan dan rumah makan pun sudah tersedia lengkap di Sabang. Satu hal yang harus loe ingat, harap jaga tata krama dan berpakaian yang lebih sopan utnuk menghormati warga setempat. Selamat liburan di Sabang.