Saingannya Pulau Komodo Nih, Pulau Biawak!

LAZONE.ID - Pulau yang dihuni oleh ratusan biawak di Indramayu. Berani datang?

Siapa yang nggak kenal Pulau Komodo di NTT? Tapi loe tahu nggak, di Indramayu ada Pulau Biawak yang nggak kalah eksotis!

Seperti namanya, Pulau Biawak dihuni oleh banyak biawak. Jumlahnya ada ratusan ekor. Reptil ini juga bisa berenang di laut lho!

Pulau Biawak berlokasi di 40 km di sisi utara Laut Jawa, dari lepas pantai di Indramayu. Cara ke sana, loe bisa sewa kapal kecil 3 sampai 4 jam dari Muara Balok atau Pelabuhan Karangsong.


Sebenarnya nama asli pulau ini adalah Pulau Rakit. Tapi karena banyak biawak, disebutlah Pulau Biawak. Reptil ini hidup dengan memakan ikan dan burung. Mereka mudah ditemui di pinggiran pantai atau di semak belukar.

Biawak di sana nggak takut sama manusia. Tapi tenang aja, mereka tidak agresif. Ukuran badannya, bisa mencapai 1 meter lebih. Coba deh loe taruh ikan di pinggir pantai. Nggak lama, biawak akan datang berbondong-bondong.

Selain melihat biawak, loe juga bisa berenang dan snorkeling untuk melihat terumbu karang di bawah lautnya yang cantik. Di tengah pulau, terdapat mercusuar yang dibangun sejak tahun 1872. Naik aja ke atas, untuk melihat panoramanya dari ketinggian. Terkahir, jangan lupa bertualang ke hutan bakau dan menyaksikan sunset yang cantik di sana. Belum puas juga keliling Pulau Biawak? Siapkan tenda untuk bermalam di bawah bintang-bintang.