Saking Jernihnya, Danau Ini Bisa Dipakai Untuk Berkaca

LAZONE.ID - Bakal bikin feed Instagram lo epic!

Di Indonesia ada beberapa danau yang mempunyai air sangat jernih dan bening, salah satunya Danau Labuan Cermin yang berlokasi di wilayah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Sesuai dengan namanya, air di danau ini jernihnya seperti kaca sehingga lo kaya seperti bercermin kalo melihatnya dari atas. Bahkan, saking jernihnya perahu yang berada di permukaan air akan terlihat seperti melayang.

Kalo lo mau ke sini, lo harus datang dulu ke Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Dari situ lo bisa pergi ke Labuan Cermin menggunakan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam. Walaupun jauh, tapi gue yakin rasa lelah akan hilang sat melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin.

Abis itu, untuk mencapai ke Labuan Cermin lo harus sewa kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal 200.000 untuk perjalanan pulang-pergi, dan akan lebih murah jika lo datang bersama rombongan.

 

Mengapa dinamakan Labuan Cermin? karena danau ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa kalo lo mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar.

Nah, dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Karena itu juga, banyak orang menyebut Labuan Cermin dengan panggilan 'Danau Dua Rasa'.

Jika dilihat dengan kasat mata, danau ini terlihat dangkal. Tapi jangan salah, kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 hingga 5 meter.

Saat berada di Labuan Cermin, lo bisa melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan juga menyelam. Saat menyelam menggunakan kacamata snorkeling, akan terlihat beberapa ikan yang berenang enggak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasarnya.