Satu-satunya di Indonesia, Istana Karang di Cirebon

LAZONE.ID - Istana yang terbuat dari karang laut dan menyimpan banyak mitos

Cirebon bukan cuma nasi Jamblang. Saat loe traveling ke sana, coba mampir ke Taman Sari Gua Sunyaragi. Inilah satu-satunya di Indonesia: Istana Karang!

Taman Sari Gua Sunyaragi berlokasi di Jl Brigjend Dharsono, Kampung Karang Balong, Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi. Ada banyak angkutan umum yang lewat sana. Nggak perlu kebingungan, orang-orang Cirebon akan menunjukan jalannya ke loe.

Tiket masuknya nggak sampai Rp 10.000. Pas masuk, loe akan melihat bangunan yang besar dan berwarna abu-abu. Ini dia Istana Karang yang dibuat oleh Pangeran Kararangen di tahun 1702. Sang pangeran membuatnya dengan menggunakan batu-batu karang yang berasal dari laut selatan Pulau Jawa.

 


Lihat saja dinding istananya dari dekat dan sentuhlah. Rasakan teksturnya yang kasar, yang memang merupakan karang lautan. Istana Karang ini memiliki 10 gua yang dipakai untuk bersemedi. Masing-masing nama guanya yakni Gua Pengawal, Pande Kemasan, Simanyang, Peteng, Langse, Arga Jumut, Padang Ati, Klangenan, Lawa, dan Gua Pawon. Gua-gua tersebut pun kadang digunakan sebagai tempat berlatih untuk para perajurit Kesultanan Cirebon.

Kalau ke sini, wajib bawa kamera. Loe bisa berpose di sudut-sudut Istana Karangnya, yang serasa lagi di Indonesia aja. Tapi hati-hati saat melangkah karena guanya sempit-sempit dan tananhnya licin.

Di balik keindahan arsitekturnya, Istana Karang di Cirebon ini punya banyak mitos. Contohnya nih, seperti pembangunannya yang memakai bantuan mahluk gaib, pintu yang bisa langsung menembus ke Mekah dan China, sampai patung berbentuk alat kelamin pria yang tak boleh disentuh wanita karena bisa sulit dapat jodoh. Percaya nggak percaya si bro!