Sawah di China yang Warnanya Merah

LAZONE.ID - Saking merah warnanya dan berpadu dengan warna hijau, sawah di Dongchuan ini malah terlihat seperti lukisan alam yang menawan.

Biasanya, sawah berwarna hijau. Beda sama di Dongchuan, China, sawah di sana warnanya malah merah. Dongchuan merupakan distrik di provinsi Yunnan. Jadi, beberapa petak sawah di sana ada yang warnanya hijau dan ada yang warnanya merah.

Pertanyannya kok bisa warnanya merah? Jawabannya ada di kandungan tanahnya. Rupanya tanah di sana mengandung banyak tembaga dan zat besi yang sudah tertimbun ribuan tahun lamanya. Ditambah dengan iklim yang hangat dan lembab, tanah di persawahan tersebut membentuk oksidasi besi secara alami dan kemudian berwarna merah.

Ajaibnya, tanah itu ternyata tidak mempengaruhi tumbuhan yang ditanam di atasnya. Alhasil kala tumbuhan di atasnya belum panen, maka warna merahnya terlihat jelas. Ajaibnya, di sebelah tanah yang berwarna merah, ada rumput yang berwarna hijau. Tentu jadi pemandangan yang kontras tapi menakjubkan.



Julukan sawah di sana adalah Dongchuan Red Land Area. Ada dua waktu terbaik untuk datang ke sana yakni pada bulan Mei dan November. Di bulan Mei matahari sedang terik-teriknya, jadi langit biru dan awan yang bagikan kapas bakal terlihat jelas. Sedangkan di November saatnya musim gugur dan suhunya lagi hangat. Tanah merahnya lebih terlihat jelas.

Pertama kali yang melihat sawah merah tersebut adalah para fotografer di China. Pada tahun 1990, beberapa fotografer datang ke sana karena tahu dari pembicaraan dari mulut ke mulut.

Sampai sekarang, Dongchuan Red Land Area sudah jadi destinasi wisata di China. Saking indahnya, beberapa orang menyebutnya sebagai 'Lukisan Tuhan'.