Sawah Jaring Laba-laba Terdapat di Flores Sana

LAZONE.ID - Sawah yang nggak biasa bentuknya terdapat di Flores. Bentuknya unik nan menarik seperti jaring laba-laba.

Sawah jaring laba-laba itu beralamat di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Membentang melingkari pemukiman penduduk di Kelurahan Wae Belang Cancar, Desa Meler, Pong Lale, Belang Turi, Pong Leko serta Desa Bulan.

Nenek moyang  Manggarai telah menggariskan sistem pembagian tanah dalam bentuk Lodok dengan titik nol berada di tengah-tengah lahan ulayat yang akan dibagi-bagi. Polanya dengan menarik garis panjang dari titik tengah (Lodok) hingga ke bidang terluar (Cicing) dengan patron khas Lodok yakni kecil di dalam besar di luar atau layaknya formasi mirip jaring laba-laba.



Kewenangan untuk membagi tanah komunal ada pada kuasa Tu’a Teno. Sehingga diawal mula pembagian dibuatkan ritus kecil ‘Tente Teno’ atau menancapkan pohon Teno di titik episentrum Lodok. Darah kambing ditumpahkan diatas kayu Teno wujud simbolisasi pengesahan secara adat. Jadi memang secara tidak kebetulan formasi pembagian tanah sawah membentuk jaring laba-laba.

Tidak sulit mencapai sawah sarang laba-laba ini. Dari Ruteng ke barat menyusuri jalan utama menuju Labuan Bajo. Sampai di perempatan pasar Cancar ambil jalan ke arah utara (kearah sawah Lingko). Kemudian naik bukit desa Cancar untuk melihat pemandangan sawah sarang laba-laba. Sebelum melihat sawah ini para turis dipersilahkan dulu mampir di rumah adat untuk mengisi buku tamu dan memberikan uang seikhlasnya untuk kas desa. Setelah mengisi buku tamu kemudian dipersilahkan naik ke bukit untuk menikmati pemandangan sawah itu.