Sawarna Itu Unik Buktinya Ada Air Terjun Laut

LAZONE.ID - Sawarna di Banten terkenal sama jejeran pantainya yang cakep. Satu lagi yang nggak boleh loe lewatkan yakni air terjun laut.

Sawarna merupakan nama sebuah desa yang berada di wilayah kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Banten. Dapat dijangkau melalui Serang atau bisa juga lewat Sukabumi, Jawa Barat. Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, selama ini banyak orang hanya mengenal Sawarna sebagai Wisata Pantai. 

Beberapa tempat wisata di daerah Sawarna seperti Goa Lalay biasa orang sekitar menyebutnya (dalam Bahasa Indonesia: Goa Kelelawar), Pantai Tanjung Layar, Pantai Pasir Putih dan ada juga pantai berkarang yang terkenal dengan nama Pantai Karang Taraje.

Pantai karang Taraje terdapat fenomena unik. Pantai yang dipenuhi deretan bebatuan karang besar-besar itu saat terhantam ombak akan membentuk seperti air terjun. Air-airnya mengalir di sela-sela bebatuan dan cukup banyak!



Dalam bahasa Sunda, taraje memiliki arti tangga. Kata itu menunjuk kepada karang-karang di pantai yang berundak-undak menyerupai tangga. Karang taraje berarti karang tangga. Sebagian besar area Pantai Karang Taraje memang ditutupi karang. Dari hamparan karang membentuk lantai, hingga karang-karang besar berupa tembok-tembok tinggi penahan ombak.

Bersantai sambil melepas pandang jauh ke arah lautan, ke arah karang-karang yang gagah berdiri menahan terjangan ombak, dengan suara ombak yang menggetarkan, membuat pengunjung tahan berlama-lama. Bermain air di kolam karang juga menjadi kegiatan piknik menjadi menyenangkan. Tapi, loe tentu harus hati-hati dengan karang-karang yang licin, dan disarankan tidak pergi ke arah ombak terlalu dekat.