Selong Belanak di Lombok Sumpah Cakep Banget

LAZONE.ID - Terdapat banyak pantai di Lombok yang bisa bikin jatuh hati. Apalagi yang satu ini namanya Selong Belanak, pasir pantainya putih banget!

Selong Belanak adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa ini sebagian besar penduduknya bersuku Sasak. Desa ini memiliki pantai yang garis pantainya panjang dan diselimuti pasir putih nan halus.

Selong Belanak memiliki pantai pasir putih yang cukup panjang. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit. Dengan beberapa bukit di bagian ujung sabit. Sebagai bagian dari Teluk Selong Belanak, pantai ini memiliki tepi dengan panjang sekitar 1 Kilometer dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Sekitar seperempat bagian pantai, yaitu sisi Selatan, digunakan penduduk sebagai area pemukiman. Sekitar 40 keluarga nelayan yang tinggal di area tersebut. Tentu saja area ini kurang cocok untuk aktivitas air, karena banyak perahu nelayan yang juga beraktivitas.



Jika loe ingin melakukan berbagai aktivitas air, loe bisa beralih ke sisi Utara Pantai Selong Belanak. Area ini bebas dari aktivitas penduduk setempat. Selain pasir pantainya yang halus putih, kontur pantainya juga landai. Sehingga perairannya cukup tenang dan jernih.

Dengan kondisi pantai yang demikian, loe bisa melakukan berbagai aktivitas di area pantai ini. Seperti sekedar bersantai, berjalan-jalan menikmati suasana, berjemur, berenang, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk memancing. Pasirnya sehalus tepung, sumpah halus sekali.