Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa

LAZONE.ID - Tahu nggak Desa Sembungan di mana? Ini desa di Wonosobo, Jawa Tengah. Dikenal deengan sebutan Desa Tertinggi di Pulau Jawa karena ketingginnya 2.300 mdpl.

Sembungan merupakan desa tertinggi di pulau Jawa, salah satu  pesona yang diburu wisatawan adalah Keindahan Desa Sembungan dengan Golden Sunrise nya di bukit Sikunir serta Pemadangan eksotis dan menakjubkan di Telaga Cebong. Wisatawan asing sudah mengagumi Sembungan sejak sekitar tahun 1911, atau bahkan mungkin jauh sebelumnya, hal ini dapat dilihat dari dokumentasi  tertulis tahun tersebut yang ada dibeberapa negara Eropa, terlebih lagi di Negera Belanda.

Sebagai Desa Tertinggi di Pulau Jawa yang ketinggiannya 2.300 mdpl, desa ini menawarkan pemandangan yang sangat indah serta suhu yang dingin. Potensi lain yang masih terselubung di Desa Wisata Sembungan adalah Air Terjun Sikarim, sebuah tempat yang jauh dari pemukiman dengan keindahan alam tiada banding. Adalah pada waktu pagi hari, ketika kabut masih menyelimuti desa, embun belum mengering terkena sinar matahari, saat itu, desa Sembungan ibarat sebuah desa yang ada di Eropa yang tertutup salju.



Desa Sembungan menjadi bagian Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, sekitar 7 kilometer ke arah selatan dari pusat wisata Dataran Tinggi Dieng. Dengan menggunakan kendaraan bermotor, Desa Sembungan dapat dicapai kurang lebih 15 menit. dari Dieng.

Nama "sembungan" berasal dari tumbuhan bernama sembung yang banyak tumbuh di kawasan tersebut. Namun versi lain menyebutkan nama "sembungan" berasal dari nama Joko Sembung atau Kiai Adam Sari, yang merupakan saudara Sunan Kalijaga.