Sendang Gile dan Tiu kelep, Air Terjun Paling Terkenal di Lombok

LAZONE.ID - Air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani, selain cantik juga konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Lombok di NTB nggak cuma terkenal dengan deretan pantai atau Gunung Rinjaninya aja bro. Di kaki Gunung Rinjani, loe bisa mampir ke dua air terjun yang cantik banget, yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Dua air terjun ini lokasinya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Dari kawasan Senggigi, cuma 1 jam aja naik mobil ke sana. Plang penunjuk jalannya jelas dan jalanannya cukup bagus. Jangan lupa siapin kamera dan baju ganti untuk main basah-basahan.

Dari pintu masuk kawasan wisata Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, loe harus membayar Rp 5 ribu. Abis itu, trekking dulu sekitar 10 menit dengan medan yang naik turun untuk tiba di air terjun yang pertama, Sendang Gile.
 


Dari ketinggian sekitar 20 meter lebih, aliran air meluncur deras ke bawah. Pengunjung suka bermain basah-basahan di sana, karena di bawahnya ada kolam yang alami. Airnya bersih dan jernih, konon siapa saja mandi di sana bisa membuat kulit halus dan menghilangkan berbagai penyakit.

Di sekitar Air Terjun Sendang Gile terdapat warung makan dan tempat bilas. Dari sana, sekitar 15 menit lagi trekking, loe bisa datangi air terjun yang nggak kalah cantiknya, namanya Tiu Kelep atau juga disebut Sendang Gile II.

Kalau Air Terjun Tiu Kelep, suasananya lebih alami dan liar. Di bawahnya, ada seperti kolam tapi cukup luas dan makin ke tengah makin dalam. Biasanya nih bro, di Air Terjun Sendang Gile kebanyakan yang main di sana wisatawan lokal. Di Air Terjun Tiu Kelep, kebanyakan justru turis asing. Pilih yang mana nih?