Sensasi Snorkeling di Kolam dari Kaki Gunung Merapi

LAZONE.ID - Kolam ini udah ada dari zaman Belanda.

Nih buat lo yang suka snorkeling cobain deh snorkeling di dalam kolam, jangan hanya di laut aja. Tenang bro, dalam kolamnya banyak ikan-ikan juga kok. Jadi ada kolam alami di kawasan Klaten bernama Umbul Ponggok. Pengalaman snorkeling di kolam yang ada di kaki Gunung Merapi itu enggak kalah seru dengan di laut loh.

Asal usul mengapa dinamakan sebagai Kolam Umbul Ponggok Klaten karena Umbul berarti mata air dan Ponggok adalah nama Desa dimana kolam ini berada. Pada zaman dahulu, kolam Umbul Ponggok Klaten ini berfungsi sebagai irigasi perkebunan dan digunakan masyarakat sebagai destinasi wisata.

Ada banyak aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam juga indah banget jadi pas banget sebagai lokasi snorkeling. Enggak cuma itu sih, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan diving.

Lo enggak usah takut lagi nih terbawa gelombang, karena tempat snorkeling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih. Kolam alami ini udah ada sejak zaman Belanda. Ukurannya sendiri 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter.

Jangan berpikir dasar dari kolam ini berupa lantai keramik, salah besar! dasar Umbul Ponggok ini masih alami berupa hamparan pasir yang luas, bebatuan, dan ribuan ikan tentunya, wah pokoknya suasananya benar-benar seperti di bawah laut deh.

Tenang, walaupun banyak banget ikan, air di Umbul Ponggok ini enggak amis kok karena airnya mengalir terus. Air yang berasal dari mata air ini memang membuat kamera apapun yang digunakan mampu menangkap gambar dengan baik seperti berada diatas permukaan.

Bagi wisatawan yang enggak punya kamera underwater lo enggak usah khawatir. Karena di tempat ini ada jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam. Jika ingin pemotretan yang berkonsep, di tempat ini juga terdapat jasa pemotretan underwater dengan harga relatif murah.

Jika ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, gue saranin lo datang pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan Sabtu – Minggu untuk hasil yang memuaskan disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Pemotretan di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih bagus karena air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala. Selain itu pada siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Buat masuk ke Umbul Ponggok, lo wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling namun tidak membawa peralatan, di Umbul Ponggok juga terdapat tempat penyewaan snorkeling. Berikut daftar harganya: kaki katak Rp 5.000, snorkel, Rp 10.000, pelampung Rp 5.000, ban Rp 5.000.