Serem Deh, Kota Mati Akibat Radiasi Nuklir

LAZONE.ID - Kota Pripyat di Ukraina ini menyimpan cerita pilu. Kota ini bro, dulunya tempat tinggal yang nyaman dan damai. Terus akhirnya berubah menjadi kota mati, akibat radiasi nuklir.

Pripayat terletak di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Oblast Kiev, Ukraina bagian utara, tidak jauh dari perbatasan dengan Belarus. Pripyat didirikan pada tahun 1970 sebagai tempat tinggal bagi karyawan PLTN Chernobyl. Kota ini diresmikan pada tahun 1979, tetapi ditinggalkan penghuninya pada tahun 1986 pasca bencana Chernobyl.

Pada masanya, Pripyat merupakan kota nuklir kesembilan di Uni Soviet (nama Rusia di zaman dulu dan sebelum terpecah menjadi beberapa negara) dan memiliki populasi kira-kira 50.000 jiwa sebelum terjadi bencana. Dulunya di sini ada banyak sekolah, pertokoan, taman rekreasi dan rumah sakit.



Pada April 1986, bencana terjadi. Pembangkit listrik nuklirnya meledak, yang menyebabkan penduduknya harus dievakuasi demi keselamatan. Kawasan itu menadi terkontaminasi dengan radiasi nuklir hingga sekarang. Banyak pengungsi yang tidak pernah diizinkan untuk kembali ke rumah mereka lantaran bahaya dari radiasi tersebut.

Hingga sekarang, kota Pripyat menjadi 'kota hantu', alias kota tak berpenghuni yang dibiarkan terlantar. Bangunan-bangunan di sana masih berdiri utuh, tapi sudah berantakan. Orang-orang dilarang masuk ke kotanya karena kabarnya radiasi nuklirnya masih cukup kuat.