Siapin Payung, Ini Tempat Paling Sering Hujan

LAZONE.ID - Mungkin loe belum tahu, di India sana ada wilayah yang sering turun hujan. Siapin payung dan jas hujan ya bro!

Dengan curah hujan tahunan rata-rata 11.871 mm, Mawsynram pun disebut sebagai desa terbasah di dunia. Penduduk desa harus menggunakan rumput sebagai alat kedap suara rumah dari suara hujan yang memekakkan telinga selama musim hujan.

Mawsynram merupakan desa di kawasan East Khasi Hills, Meghalaya. Lokasinya di bagian barat India yang tak jauh dari perbatasan dengan Bangladesh. Ahli meteorologi mengatakan lokasi Mawsynram, dekat ke Bangladesh dan Teluk Benggala, adalah alasan mengapa daerah ini menerima begitu banyak hujan.



Mawsynram mengalahkan Cherrapunji yang juga di India dan hanya berjarak 20 km, serta Tutendo di Kolombia. Ibaratnya begini, hujan yang membasahi Mawsynram dalam setahun mampu membuat lutut dari Patung Yesus di Rio de Janeiro, Brasil yang setinggi 30 meter akan terendam selutut.

Musim hujan di Mawsynram, jatuh pada bulan Juni sampai September. Kala itulah, jalanan desa di sana tidak akan pernah kering alias selalu basah. Bahkan di siang hari, langit tampak selalu gelap karena mendung.