South East Asia Street Food, Makan Cara Unik Sambil Kongkow

LAZONE.ID - Makan santai, di pinggir jalan, sambil kongkow, ngobrol dan bersosialisasi, memang menyenangkan. Buat street food, Asia Tenggara pusatnya.

Makan di pinggir jalan? South East (SE) Asia alias Asia Tenggara adalah "rajanya". Loe pengen apa aja ada. Mulai camilan seperti gorengan sampai yang serius macam mie, nasi goreng, sampai soto dan sup.

Cara makannya juga unik. Ada yang beli dan dimasukkan wadah plastik atau dibungkus daun lalu dibawa pulang, bahkan yang nggak berkuah bisa dikunyah sambil jalan. Yang lebih asyik kalau penjualnya menyediakan bangku atau kursi plastik. Jadilah makan street food sambil loe nongkrong!

Street food paling asyik dinikmati malam hari. Lokasinya menjadi tempat bersosialisasi warga lokal dengan traveller luar kota sampai luar negeri. Nggak percaya, tengok dua lokasi street food terasyik di Asia Tenggara ini:

 

Pasar malam Chiang Mai, Thailand

Buka malam Sabtu dan Minggu di area bagian dalam dari tembok bata di kota lama. Jalan sengaja ditutup oleh Pak Polisi, sehingga Loe nggak perlu takut ketabrak tuktuk atau sepeda motor. Makanan dijamin melimpah, mulai gorengan dan panggangan cumi, udang, jeroan ayam dan sosis. Ada juga es campur, juice dan makanan serius, seperti ayam bungkus daun pandan, salad mangga atau papaya mentah, serta sup tom yam goong. Jajanan paling terkenal Thailand, yaitu khaow niao mamuang alias ketan saus santan campur mangga juga ada.

 

Old Town Melaka

Diadakan malam akhir pekan, saat tamu dari KL meluber sampai ke sini. Cukup jalan kaki ke gang-gang di sekitar Jalan Tun Tan Cheng Lok atau Heeren Straat di daerah Pecinan, loe bakal nemu meja-meja berjajar di depan rumah warga. Makanan berat biasanya sudah dikemas plastik buat dibawa pulang. Sementara jajanannya bisa dikunyah di tempat. Antara lain popiah, bentuknya mirip mangkok dari bahan pangsit, isinya ragout udang campur daun selada. Juga ada sago gula melaka yang di kita mirip bubur mutiara atau pacar cina. Minumnya, jan

gan lupa nyoba air mata kucing. Namanya doang nyedihin, tapi rasanya segar karena terbuat dari semacam kuah cincau ditambah potongan buah longan.