Stonehenge Inggris Ternyata Ada Juga di Indonesia

LAZONE.ID - Tapi sayang, aksesnya masih susah

Pernah dengar Stonehenge di Inggris enggak? itu loh bangunan yang terdiri dari susunan batu-batuan dan berdiri sejak zaman perunggu dan Neolitikum. Peninggalan yang sangat misterius ini menjadi tempat yang keren.

Tapi bro siapa sangka, di Jawa Timur, kawasan Bondowoso juga ada situs batu yang serupa, namanya Betoh So’on. Betoh So’on berarti batu sunggi atau susun dalam bahasa Indonesia. Nama ini adalah pemberian dari warga sekitar. Lokasi tepatnya adalah di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Bondowoso.

Stonehenge Inggris Ternyata Ada Juga di Indonesia

Jika Stonehenge di Inggris tampak indah di atas permadani rumput yang hijau, kalo Betoh So’on dikelilingi pepohonan, ya sama-sama kerenlah pokoknya. Tapi sayangnya, akses menuju Betoh So’on masih terbilang susah nih. Jalanan arah Kecamatan Cermee memang mulus, tapi kalo udah masuk ke Desa Solor, jalurnya enggak bagus.

Nah, jadi saran gue kalo lo mau ke Betoh So’on mendingan naik sepeda atau motor trail aja. Selain bisa memacu andrenalin, akses ke Betoh So’on jadi lebih gampang dan enggak ribet. Betoh So’on juga masih terbilang sepi, soalnya lokasinya jauh sekitar 3 jam dari pusat kota Bondowoso dan aksesnya juga sulit. Masuknya aja masih gratis.

Walaupun lo harus menghadapi perjalanan panjang dulu, tenang bro lo enggak akan kecewa saat sampai ke Betoh So’on. Enggak cuma itu, pemandangan yang disuguhkan sepanjang jalan ke Betoh So’on juga keren. Pepohonan yang hijau bakal menyejukkan mata lo. Bahkan, jalanan setapak aja keliatan sangat fotogenic. Saran gue dateng agak pagian biar enggak kepanasan dan bisa foto-foto di setiap sudut yang keren.